Kamis, 14 Januari 2016

4 Faktor yang Membuat Aki Mobil Cepat Mati (Kering)

Akan sangat membikin frustrasi ketika Anda berada dalam mobil dan mencoba memutar kunci kontak ternyata mobil Anda tidak mau dinyalakan.
Kondisi ini bisa terjadi akibat aki mobil yang sudah kering atau mati karena tidak bisa lagi menghasilkan energi listrik.

Secara umum, situasi ini mudah diperbaiki. Anda hanya perlu menghentikan mobil lain dan melakukan teknik ‘jump start’ untuk kembali men-charge aki mobil Anda.
Cara lain, Anda dapat men-charge kembali aki yang mati dengan charger portabel yang mudah diperoleh di berbagai toko perlengkapan otomotif.
Berikut adalah beberapa faktor paling umum yang menyebabkan aki mobil Anda mati (kering).
1. Terlalu Banyak Mengemudi Jarak Pendek
Aki mobil berpotensi terkuras dengan sendirinya saat Anda terlalu banyak mengemudi jarak pendek.
Sering mengemudi mobil kurang dari 20 menit akan membuat alternator tidak memiliki cukup waktu untuk sepenuhnya mengisi ulang aki.
Sering mengemudi jarak pendek berpotensi mempersingkat umur aki mobil Anda yang biasanya bisa bertahan dari tiga sampai lima tahun.
2. Suhu Ekstrim
Aki mobil mengubah energi kimia menjadi energi listrik melalui reaksi kimia. Suhu yang ekstrim panas atau dingin dapat mempengaruhi kelancaran reaksi kimia dalam aki.
Suhu dibawah titik beku berpotensi membuat aki mobil mati sehingga perlu di-charge ulang.
Begitu pula suhu yang terlalu panas juga bisa membuat aki mobil cepat kering (mati).
3. Gadget Listrik
Selain untuk menstarter mobil, aki juga diperlukan sebagai sumber energi berbagai peralatan listrik pada mobil seperti lampu, klakson, hingga pemutar musik, dan radio.
Dengan adaptor, Anda bahkan dapat menggunakan aki mobil untuk men-charge telepon selular atau perangkat elektronik lainnya
Hal ini tentu saja membantu, tetapi berbagai gadget tambahan ini bisa membuat aki bekerja terlalu keras sehingga mudah kering.
Energi pada aki juga akan lekas terkuras saat Anda lupa mematikan lampu depan atau tidak menutup pintu secara benar.
Selain itu, mendengarkan musik atau radio dalam waktu lama saat mesin mobil dimatikan juga akan membuat aki cepat terkuras.
4. Korosi dan Usia
Korosi pada aki bisa membuat kinerjanya menurun signifikan. Ada berbagai cara untuk membersihkan korosi, yang umumnya terlihat seperti substansi tepung.
Anda dapat menggunakan alat pembersih khusus terminal aki atau menggunakan spray khusus yang dirancang untuk membersihkan terminal aki mobil.
Namun, sebaik apapun perawatan yang dilakukan, aki mobil tetap harus diganti setelah mencapai batas usia normalnya.

source : http://rscstore.com

4 Faktor yang Membuat Aki Mobil Cepat Mati (Kering) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar:

  1. Baccarat and Baccarat | UGARIA
    The main game of Baccarat is a worrione four-deck Baccarat, which 메리트 카지노 고객센터 uses only the standard 52-card 인카지노 deck and includes the queen of spades, and the

    BalasHapus